Profil Johan Cruyff Pelatih Ajax Amsterdam Hingga FC Barcelona

Profil Johan Cruyff

Hendrik Johannes Cruyff atau yang biasa dikenal dengan Johan Cruyff lahir di Belanda pada tanggal 25 April 1947. Johannes Cruyff merupakan seorang mantan pelatih sepak bola bagi timnas Belanda. Sebagaimana diketahui timnas Belanda sempat menjadi juara dua dalam ajang piala dunia pada tahun 1974. Johan Cruyff meninggal dunia pada 24 Maret 2016 di usia 68 tahun. Penasaran seperti apa profil Johan Cruyff? Berikut informasi selengkapnya.

Karier Klub Bersama Ajax Amsterdam

Saat berumur 10 tahun, Johan Cruyff bergabung bersama Ajax Amsterdam. Cruyff melakukan debut pertamanya pada tanggal 15 November 1964 dalam melawan Groningen. Debutnya tidak berjalan mulus. Ajax Amsterdam kalah 3-1 dan Cruyff menjadi satu-satunya penyumbang gol bagi Ajax.

Di musim kedua bersama Ajax, Cruyff kembali menunjukkan performanya dan berhasil membawa Ajax meraih gelar liga. Cruyff telah mencetak 25 gol dalam 23 pertandingan bersama Ajax. Dan di musim berikutnya, Cruyyf kembali mempertahankan gelar liganya dan meraih gelar top score dengan raihan 33 gol.

READ  Profil Lucas Digne Si Bek Kiri Asal Perancis

Hal yang sama terjadi di musim ketiga bersama Ajax. Cruyff kembali meraih trophy liga dan menyandang gelar sebagai pemain terbaik Belanda. Untuk pertama kalinya Ajax kemudian berhasil mencapai final Liga Champion untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Akan tetapi pada saat gelaran final, Ajax dikalahkan oleh AC Milan dengan skor 4-1. Namun di tahun 1969-1970 ajax kembali meraih trophy liga. Pada saat ini Cruyff memutuskan mengganti nomor punggung dari 9 menjadi 14.

Bergabung Bersama Barcelona

Para fans Barca menyambut kehadiran Cruyff dengan antusias. Sebab cruyff secara terang-terangan lebih memilih Barca dibanding Real Madrid. Musim pertama bersama Barca, Cruyff mempersembahkan trophy pertamanya. Namun ternyata itu menjadi satu-satunya Trophy yang diraih Cruyff bersama Barca. Selama bergabung dengan Barca, Cruyff tercatat melakukan 143 penampilan.

READ  Profil Ronald Koeman, Pelatih Baru Klub Barcelona

Sempat Mengalami Penurunan Karier

Setelah tidak bergabung bersama Barca, karir Cruyff sempat menurun hingga akhirnya Cruyff menerima tawaran bermain untuk LA Aztecs. Namun setahun setelahnya Cruyff berpindah ke Washington Diplomats.

Namun tak lama berselang, Cruyff kembali pindah ke Ajax sebagai penasehat teknik untuk pelatih yang bernama Leo Beenhakker. Akan tetapi Cruyff masih memiliki keinginan untuk kembali bermain hingga Cruyff memutuskan bergabung dengan Levante dan berlaga di Liga Spanyol.

Hal yang tak diinginkan terjadi, Cruyff sempat mengalami cedera parah hingga kontraknya tidak diperpanjang dan harus absen selama satu musim. Selanjutnya Cruyff menekan kontrak bersama Ajax hingga ajax menang melawan Haarlem.

Namun ternyata kontrak Cruyff bersama Ajax tidak diperpanjang. Cruyff barang dan memutuskan pindah ke Feyenoord Rotterdam dan berhasil membawa klub tersebut meraih juara liga dan piala KNVB di musim 1983-1984.

READ  Profil Luis Enrique, Mantan Penyerang Spanyol

Mulai Berkarir Sebagai Manajer

Profil Johan Cruyff terus berlanjut hingga pada tahun 1985 Cruyff diangkat menjadi pelatih untuk Ajax. Bakat Cruyff sebagai pelatih sudah terlihat sejak masih berkarir sebagai pemain. Selama menjadi pelatih Ajax, Cruyff berhasil membawa tim tersebut ke juara liga sebanyak 2 musim dan meraih trophy piala Winners.

Di tahun 1988, Cruyff hijrah ke FC Barcelona sebagai pelatih. Kemudian pada klub ini Cruyff meraih kesuksesan luar biasa sebagai pelatih. Cruyff mampu membawa FC Barcelona raih 4 piala Liga Spanyol, 1 buah piala Liga Champion, 1 Piala Spanyol, 1 trophy piala Winners, dan juga 1 trophy piala Super Eropa.

Profil Johan Cruyff berakhir pada tanggal 24 Maret 2016. Cruyff mengidap kanker hingga akhirnya meninggal dunia. Kini jasa dan prestasi Cruyff senantiasa dikenang di kalangan fansnya. Cruyff jelas mampu menunjukkan dedikasinya sebagai pemain dan pelatih hingga tutup usia.

You May Also Like

About the Author: Bening Tirta