Profil Luis Enrique, Mantan Penyerang Spanyol

Profil Luis Enrique

Luis Enrique dahulunya merupakan salah satu pemain yang berbakat. Bahkan kalau mau tahu tentunya profil Luis Enrique ini memang memiliki kemampuan yang mumpuni. Dirinya sendiri sekarang sudah memiliki spanyol sebagai satu-satunya kewarganegaraan yang dimiliki. Pemain yang satu ini juga memiliki karir yang cukup panjang.

Jangan salah Luis Enrique juga pernah bermain di beberapa klub lokal. Selain pernah bergabung di beberapa klub lokal, tentunya Luis Enrique juga gabung di tim nasional spanyol. Bahkan dirinya juga pernah dipinjamkan oleh salah satu klub. Apalagi gol yang telah dicetak oleh Luis Enrique memang banyak sekali. Bagaimana? Penasaran?

Awal Mula Karirnya Luis Enrique

Luis Enrique atau yang memiliki nama asli yaitu Luis Enrique Martinez Garcia ini lahir di Gijon tepatnya Spanyol. Profil Luis Enrique ini memiliki tanggal lahir pada 8 mei 1970 dengan umurnya yang mencakup 50 tahun. Dengan tingginya sekitar 1,80 meter atau bisa diperkirakan setinggi 5,11 inch. Saat ini dirinya berperan menjadi seorang gelandang.

READ  Profil Johan Cruyff Pelatih Ajax Amsterdam Hingga FC Barcelona

Pertama kali mengawali karirnya yaitu di sporting gijon saat itu tahun 1981-1988. Setelah selesai kemudian pindah ke la brana sebagai pinjaman. Luis Enrique dipinjam selama tahun 1984-1988 sehingga hanya selama 4 tahun saja. Kemudian setelah karir juniornya maka dirinya mulai mengawali karir seniornya.

Saat itu berhasil bergabung di sporting gijon b dengan 5 gol dari 27 pertandingan yang telah terjadi sejak 1988-1990. Kemudian sejak tahun 1989-1991 maka pindah kembali ke klub sporting gijon dengan 14 gol dari 36 pertandingan.  Lalu pernah juga bergabung ke real madrid dengan 157 pertandingan serta 15 gol yang berhasil dicetak.

Jangan heran dirinya juga pernah bergabung di barcelona pada tahun 1996-2004 saat itu berhasil mencetak 73 gol dan 207 pertandingan. Selanjutnya pernah masuk ke tim nasional spanyol u-21 dengan 5 kali tampil selama 1990-1991. Dan pada spanyol u-23 pernah mencetak 3 gol dari 14 kali penampilan yang ada.

READ  Profil Lucas Digne Si Bek Kiri Asal Perancis

Kisah Kepelatihannya Dimulai di Barcelona

Dan diutus juga masuk ke tim nasional senior spanyol dengan 12 gol serta 62 penampilan di musim 1991-2002. Pada bidang kepelatihan ini memang pernah melatih berbagai klub. Pada tahun 2008-2011 saja melatih klub barcelona. Lalu disusul dengan 2011-2012 menjadi pelatih di roma. Dan kemudian melatih kesebelasan klub celta musim 2013-2014.

Kembali melatih di barcelona pada tahun 2014-2017. Kemudian pada tahun 2018-2019 masih melatih tim nasional senior spanyol. Selama bergabung ke tim nasional spanyol tentu Luis Enrique berhasil membawa emas di kompetisi 1992 barcelona. Selain menjadi seorang gelandang, luis enrique hampir menjajal semua posisi pemain.

Tetapi ada 2 posisi yang belum dijajal yaitu posisi bek tengah serta penjaga gawang. Saat bermain di kedua klub yaitu real madrid dan barcelona. Maka dirinya juga pernah melakukan pertandingan sebanyak 500 kali dan berhasil mencetak 100 gol. Selama bergabung ke tim nasional senior spanyol maka pernah bertanding di dua kompetisi.

READ  Profil Ronald Koeman, Pelatih Baru Klub Barcelona

Ada yang namanya piala dunia dan kompetisi lainnya bernama piala eropa. Jangan salah selain menjadi pemain tentunya pemain yang satu ini pernah menjadi manajer barcelona b. Kemudian setelah 3 tahun maka pindah ke klub roma. Setelah di roma maka Luis Enrique mulai pindah kembali dengan menangani klub celta.

Kehadiran Luis Enrique memang selalu menginspirasi bagi para penggemarnya dan teman setimnya. Terutama buat yang suka profil Luis Enrique maka bisa simak langsung. Jangan lupa untuk selalu mengidolakan mantan pemain yang profesional ini. Semoga profil dari Luis Enrique bisa bermanfaat khususnya bagi para penggemarnya.

You May Also Like

About the Author: Bening Tirta