Profil Ronald Koeman, Pelatih Baru Klub Barcelona

Profil Ronald Koeman

Setelah resmi mendepak Quique Setien sebagai pelatih, Barcelona menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih untuk menggantikannya. Tak tanggung-tanggung, klub raksasa itu mengeluarkan dana sebesar sekitar 5 juta Euro untuk “membeli” Koeman dari FA Belanda. Setelah resmi melatih Barcelona, berikut profil Ronald Koeman yang terbaru.

Biodata Ronald Koeman

Nama Lengkap              : Ronald Koeman

Tempat, Tanggal Lahir   : Zandaan, 21 Maret 1963

Kewarganegaraan           : Belanda

Profesi Saat Ini                : Pelatih Barcelona

Perjalanan Karir Sebagai Pemain 

Karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola diawali di FC Groningen, Belanda ketika ia berusia 17 tahun. Saat itu, Koeman menduduki posisi pemain belakang dan gelandang depan.

Selama bermain dalam tim Groningen, Koeman memberikan performa yang baik dengan mencetak 33 gol dari 90 permainan. Ia juga pernah membawa klub yang ia bela meraih gelar Eredivisie atas NEC. Setelah itu, adik Erwin Koeman ini ditransfer ke salah satu klub Belanda terbesar, yaitu Ajax.

READ  Daftar Pemain Gelandang Timnas U 19 Terbaik Sepanjang Masa

Sayangnya klub gagal mempertahankan gelar di musim pertama Ronald Koeman bergabung. Namun, tim Amsterdam itu berhasil meraih kemenangannya kembali pada tahun berikutnya. Selama karirnya di Ajax, ia telah membukukan 23 gol dari 94 pertandingan.

Pada musim panas 1986, Koeman secara controversial pindah ke PSV yang merupakan rival Ajax. Di sana ia beserta timnya merebut gelar yang sebelumnya dimiliki oleh Ajax. Koeman menikmati kemenangan bertubi-tubi selama berkarir di PSV, seperti gelar Eredivisie dan kemenangan di KNVB Cup. Tercatat, ia membuat 51 gol dalam 98 penampilan.

Tahun 1989, Koeman hijrah ke Barcelona yang saat itu dilatih oleh Johan Cruyff yang juga merupakan mantan pelatih Koeman di Ajax. Selama musim pertamanya, Barcelona berhasil menang telak 2-0 atas Real Madrid di Copa del Rey.

Kemudian, bersama rekan setimnya, Koeman juga memenangkan La Liga empat tahun berturut-turut dari tahun 1991 sampai 1994. Bukan hanya itu, Koeman juga pernah menghadiahi gol tunggal atas Sampdoria yang mengantarkan Barcelona pada kemenangan (1992).

READ  Profil Lucas Digne Si Bek Kiri Asal Perancis

Koeman dikenal dengan tendangan bebas kaki kanannya yang kuat yang telah mencetak banyak gol untuk tim. Salah satu aksi terbaiknya terjadi di La Liga pada tahun 1994, dimana ia mencetak dua dari lima gol yang memberikan kekalahan telak pada Real Madrid.

Setelah enam tahun dan 200 penampilan di Barcelona, Koeman akhirnya meninggalkan Spanyol dan kembali ke Belanda pada tahun 1995. Ia sempat bergabung bersama Feyenoord sebelum akhirnya menggantung sepatu pada tahun 1997.

Perjalanan Koeman Sebagai Pelatih

Putra dari mantan pesepakbola Martin Koeman ini pun kemudian melanjutkan kiprahnya di ranah kepelatihan. Di tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk Timnas Belanda yang saat itu ditukangi oleh Guus Hiddink. Setelah turnamen World Cup 1998 selesai, Koeman lalu ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk Barcelona.

Pada tahun 2000, ia mendapatkan profesi pertamanya sebagai pelatih di Vitesse selama satu tahun. Di tahun berikutnya ia melatih Ajax dan resign pada Februari 2005. Kemundurannya disebabkan oleh kekecewaannya terhadap performa Ajax yang kian menurun dan tertinggal 8 poin dari rival abadinya, PSV.

READ  Profil Johan Cruyff Pelatih Ajax Amsterdam Hingga FC Barcelona

Setelah resign, ia menangani banyak klub dalam waktu singkat seperti Benfica, mantan klubnya-PSV dan Feyenoord-,Valencia, dan AZ Alkmaar. Di 2014, Koeman menggantikan Mauricio Pochettino sebagai pelatih di Southampton untuk tiga tahun kedepan. Sementara, saudaranya Erwin Koeman ditunjuk sebagai asisten manajer. Alhasil, Ronald Koeman membawa tim tersebut meraih empat kemenangan.

Setelah kontraknya berakhir, ia dikonfirmasi menjadi penanggung jawab untuk Everton pada tahun 2016 hingga musim tahun 2017-2018. Februari 2018, Koeman menandatangani kontrak sebagai pelatih untuk Belanda selama empat setengah tahun. Namun, jauh sebelum kontraknya berakhir, tepatnya pada 19 Agustus 2020 kemarin, Barcelona memutuskan untuk menggunakan jasanya menggantikan Quique Setien.

Itulah profil Ronald Koeman yang saat ini hingga 2022 menjadi pelatih Barcelona. Baik sebagai pelatih maupun pemain, karir Ronald Koeman terbilang cukup cemerlang. Nah, kira-kira bisakah Koeman membawa Barca kepada kejayaan?

You May Also Like

About the Author: Bening Tirta