Stadion di Italia dengan Kapasitas Terbanyak

Stadion di Italia

Stadion merupakan sebuah sarana yang sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Untuk itulah, semua negara berlomba-lomba membuat stadion yang besar untuk klub bola mereka masing-masing. Stadion di Italia dengan kapasitas terbanyak juga menjadi pilihan pesepakbola dari berbagai dunia untuk tampil disana.

Karena selain stadionnya yang besar, fasilitas dan semua keperluan yang dibutuhkan sudah tersedia disana. Tak hanya itu, kebersihan dan keindahan lingkungan di stadion tersebut juga tidak perlu diragukan lagi. Lantas, stadion apa saja yang terbesar di negara pizza? Berikut ulasannya.

1. Stadion San Siro

Estadio Giuseppe Meazza atau  lebih akrab dengan San Siro merupakan sebuah Stadion di Italia dengan kapasitas terbanyak nomor satu. Stadion ini  pertama kali dibangun  tahun 1925 oleh Pierro Pirelli yang merupakan Presiden AC Milan saat itu. Setelah Stadion ini berdiri, mereka pun mulai mengoperasikannya pada September 1926.

READ  Daftar Pemain Aston Villa Terbaik dan Menjadi Legendaris Dunia Sepak Bola

Stadionnya miliki luas 105 m × 68 m dengan jumlah kapasitas sebanyak 80.018 kursi. Pembangunannya digadang-gadang menghabiskan dana sebanyak lima ratus lira. Saat pembangunan Stadion ini berlangsung, Piero Pirelli menjadikan San siro sebagai kandang dari klub AC Milan.

Tetapi AC Milan ternyata mengalami kebangkrutan di tahun 1935 yang mengharuskan mereka untuk menjual Stadionnya. Akhirnya, dijual pada pemerintah Milan dan telah disewa klub Inter Milan pada 1947.

2. Stadion Olimpiade Roma

Stadion Olimpiade Roma didirikan tahun 1901 dan dibuka 31 tahun kemudian, yaitu di tahun 1937. Luas Stadion  sekitar 105 m × 68 m dengan kapasitas 82.307 kursi. Disini juga pernah menjadi tempat pertandingan di ajang Piala Dunia FIFA 1990.

3. Stadion San Paolo

San Paolo merupakan stadion di Italia dengan kapasitas terbanyak ketiga. Stadion ini memiliki luas sebesar 105 m × 68 m dengan jumlah kapasitas 60.240 kursi. Pada awalnya, kapasitas yang dimiliki hanya 82.000 kursi, tetapi direnovasi lagi pada tahun 1989 dalam rangka Piala Dunia FIFA 1990, sehingga luasnya bertambah besar.

READ  Siapa Saja Pemain Barcelona 2021 yang Melengkapi Skuad Barca

Pembangunan Stadion San Paolo pertama kali yaitu tahun 1948 di pinggir sebelah barat Fuorigrotta di Naples, Italia. Dan selesai dibangun tanggal 6 Desember 1959.

4. Stadion San Nicola

Stadion San Nicola berada di Bari, Italia, dibuka  tahun 1920. Luas Stadion ini adalah 105 m × 68 m dengan jumlah 58.270 kursi. Stadion San Nicola sendiri pernah menjadi tuan rumah di Final Liga Champions UEFA 1990-1991, yang dimenangkan  FK Crvena Zvezda.

Struktur Stadion ini dirancang oleh arsitek Genovese bernama Renzo Piano. Orang-orang pun menjulukinya sebagai pesawat ruang angkasa karena bentuknya mirip pesawat. Pada tahun 1991, San Nicola juga menjadi tuan rumah Final Piala Eropa antara Crvena Zvezda dan Olympique de Marseille (0-0).

5. Stadion Artemio Franchi

Stadion Artemio Franchi dibangun  tahun 1931 di sebelah timur pusat kota Florence, Italia, dengan kapasitas sebanyak 47.290 kursi penonton. Pada mulanya, Stadion ini dikenal sebagai Stadion Comunale. Stadionnya juga pernah direnovasi tahun 1999 untuk menyambut Piala Dunia 1990 saat itu.

READ  Ini Daftar Pemain MU Sekarang Periode 2020-2021

Di luar dari prestasi yang pernah diraih Stadion ini, belakangan terdengar kabar bahwa Presiden Fiorentina, Rocco Commisso, ingin meruntuhkan Stadionnya. Ini dilakukan agar bisa diganti dengan Stadion Anyar. Juga karena dia berpikir bahwa Fiorentina sangat membutuhkan Stadion baru.

6. Stadion Friuli

Posisi terakhir Stadion di Italia dengan kapasitas terbanyak adalah Stadion Friuli. Dibangun  tahun 1971 di Udine, Italia, luas stadion ini sebesar 105 m × 68 m dengan kapasitas 41.652 kursi.

Itulah beberapa Stadion di Italia dengan kapasitas terbanyak. Sebenarnya, masih banyak Stadion di negara pizza dengan kapasitas besar, hanya saja ini merupakan 6 teratasnya. Besar dan tidaknya sebuah Stadion, keberhasilan sebuah tim pemain ditentukan oleh pemain itu sendiri. Bukan dengan besarnya Stadion yang dimiliki.

You May Also Like

About the Author: Rodney Brewster